-->

Dioda Tunnel dan Dioda Laser

Dioda Tunnel dan Dioda Laser

Sebelumnya sudah saya jelaskan mengenai dioda Schottky, LED dan dioda Photodioda. Sesuai dengan janji saya, saya akan meneruskan mengenai jenis-jenis dioda khusus. Untuk pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai jenis dioda Tunnel dan Dioda Laser. Sebelumnya apakah sudah pernah dengan apa itu dioda tunnel dan dioda laser ? jika belum, mari kita pelajari bersama-sama pada materi kali ini. Sebelumnya saya beri tahu bahwa ini adalah materi kuliah saya atau bahan kuliah saya mata kuliah Dasar Elektronika. Jika kamu di jurusan elektro, nanti akan mendapatkan mata kuliah tentang dioda dan penjelasannya secara rinci oleh dosen anda.
Materi sebelumnya :  
Materi Kuliah Dasar Elektronika Tentang LED
Bahan Kuliah Dasar Elektronika "Dioda Schottky"
Materi Kuliah Dasar Elektronika "Dioda Zener" 

  • Dioda Tunnel

Dioda tunnel merupakan satu-satnya dioda yang mempunyai resistansi negatif pada suatu kawasan tertentu. Dioda tunel ini sering di gunakan sebagai osilator frekuensi tinggi. Keuntungan lain dari dioda tunnel itu sendiri adalah, mempunyai  konsumsi daya yang sangat rendah di bandingkan dengan dioda yang lainnya.
Dioda Tunnel dan Dioda Laser
Dioda Tunnel
Beberapa contoh bentuk dioda tunnel di perlihatkan pada gambar di bawah ini (seperti halnya dioda schottky, dioda tunnel juga jarang ada karena harganya yang cukup mahal)

Dioda Tunnel dan Dioda Laser
Dioda Tunnel 

Point penting Dioda Tunnel


  •        Dioda Tunnel merupakan satu-satunya dioda yang mempunyai resistansi negatif pada suatu kawasan tertentu.
  •        Dioda Tunnel sering digunakan pada osilator frekuensi tinggi.
  •        Disamping itu keuntungan lainnya bahwa dioda ini mempunyai konsumsi daya yang sangat rendah dibandingkan dioda lainnya.


  • Dioda Laser
Dioda laser merupakan kepanjangan dari "LIGHT AMPLIFACATION by STIMULATED EMISSIONmof RADIATION". Salah satu karakteristik dari dioda laser adaah aplikasinya adalah panjang gelombangnya. Saat dioda laser yang dapat di hasilkan dan di aplikasi secara luas adalah dioda laser infra-merah dan merah. Dioda laser infra merah mempunyai panjang gelombang sekitar 780nm dan di gunakan antara lain untuk aplikasi penyimpanan dan pembacaan CD (compact Disk), Laser print dan komunikasi serat optik mode tunggal. Sedangan laser merah mempunyai panjang gelombang 640nm yang sering di gunakan untuk aplikasi penyimpanan dan pembacaan data DVD (digital versatile Disc).
Ada beberapa simbol dioda laser , ada yang di menggunakan simbol yang sama dengan LED dan ada juga yang lain. Fungsi dari dioda laser selain sebagai penyimpanan disc, dioda lasr juga berperan dalam bidang kedokteran, instrumentasi, persenjataan modern pada bidang militer dan untuk komunikasi serat optik.

Dioda Tunnel dan Dioda Laser
Dioda Laser by http:/kuliah-e.top

Demikian materi kuliah tentang dioda tunnel dan laser untuk dioda yang lain akan menyusul pada postingan yang selanjutnya.
source : Buku Dasar Elektronika Uii Press by Hendra Setiawan S.T.,M.Eng.,Ph.D.

0 Response to "Dioda Tunnel dan Dioda Laser"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel