-->

Materi Kuliah Dasar Elektronika Tentang Photodioda

Materi Kuliah Dasar Elektronika Tentang Photodioda


Sebelum saya sudah memposting tentang dioda schottky, sekarang saya akan melanjutkan jenis-jenis dioda khusus, yang kali in yang akan kita bahas adalah dioda photodioda. Apakah sebelumnya anda pernah dengan photodioda ? Jika belum mari kita pelajari pada materi kali ini.
Materi sebelumnya : Materi Dasar Elektronika Jenis-jenis Dioda Khusus Dan Penjelasan
Photodioda merupakan piranti optoelektronika yang di buat sedemikian rupa sehingga cahaya luar dapat langsung mengenai sambungan P-N. Ketika cahaya mengenai sambungan P-N, semakin banyak elektron bebas dan hole yang di hasilkan oleh sambungan tersebut resistansi sambungan P-N menjadi lebih mengecil. Karena rsesistansinya menerun maka arus yang mengalir semakin bertambah besar. Jika tidak ada tegangan luar yang di terapkan pada photodioda maka ia akan membangkitkan potensial listrik sendiri atau di sebut juga photovoltage. Photovoltage inlah elemen dasar dari solar cell.
Lambang photodioda mirip dengan lambang LED, yang membedakan jika di photodioda tanda panah ke arah kedalam sedangkan LED kearah keluar. Jika photodioda di hubungkan dnegan tegangan luar, maka ia menjadi variabel resistor yang di kendlaikan oleh kuat vahaya, namun perlu di ingat bahwa photodioda harus di bias balik agar berfungsi sebagai variabel resistor. Jika di bias maju maka sifatnya sams saja seperti dioda bias maju biasa.

Materi Kuliah Dasar Elektronika Tentang Photodioda

Point-Poin penting 

Jika tidak ada tegangan luar yang diterapkan pada fotodioda maka ia akan membangkitkan potensial listrik sendiri atau disebut juga photovoltage. Photovoltage inilah elemen dasar dari solar cell.
Jika fotodioda dihubungkan dengan tegangan luar, maka ia menjadi variabel resistor yang dikendalikan oleh kuat cahaya.
Tapi perlu diingat bahwa fotodioda dibias balik agar berfungsi sebagai variabel resistor.
Jika dibias maju maka sifatnya akan sama dengan dioda biasa yang dibias maju.

0 Response to "Materi Kuliah Dasar Elektronika Tentang Photodioda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel