-->

Model Pendekatan Pada Dioda

Model Pendekatan Pada Dioda

Ada 3 jenis pendekatan pada dioda yaitu, Model Pendekatan Dioda Ideal, Model Pendekatan Pertama dan Model Pendekatan Kedua. Ke tiga pendekatan dioda tersebut akan kita bahas secara rinci pada materi kali ini. Sebelumnya saya sarankan untuk memahami mengenai Sambungan dioda P-N dan Bias Maju dan Bias Balik Pada dioda.


1. Model Pendekatan Dioda Ideal

Pendekatan yang paling sederhana adalah dengan pendekatan dioda ideal. Model pendekatan ini menganggap potensial barrier dan resistansi sama dengan nol atau bisa kita katakan bahwa resistansi dan potensial barrier di abaikan. Dengan pendekatan ini, apabila dioda di beri bias maju, ia identik dengan sebuah konduktor yang sempurna (tanpa nilai hambatan). Sedangkan jika kita beri bias balik , dioda akan identik dengan sebuah isolator yang sempurna (nilai hambatannya tak terhingga). Dengan kata lain jika dioda ideal kita beri bias maju makan akan seperti saklar yang tertutup. Sedangkan jika dioda ideal kita beri bias balik maka sama seperti saklar terbuka. Untuk lebih jelas, silahkan perhatikan ilustrasi gambar berikut ini.

Model Pendekatan Pada Dioda
Sumb horizontal adalah tegangan luar yang di hubungkan ke diode, sedangkan sumbu vertikal adalah arus yang mengalir di dalam dioda. Dari gambar tersebut terlihat bahwa pendekatan dioda ideal menganggap nilai potensial barrier sama dengan nol.

2. Model Pendekatan Pertama

Model pendekatan ini di lakukan dengan memperhitungkan nilai potensial barrier dan mengebaikan nilai resistansi dioda. Pada pendekatan ini dioda menjadi sebuah konduktor yang sempurna apabila di beri bias maju yang nilainya di atas potensial barrier. Sedangkan jika dioda di beri bias balik maka akan bertindak sebagai isolator yang sempurna. Jadi prinsipnya hampir sama dengan model pendekatan dioda ideal, namun nilai tegangan bias majunya tidak bisa sembarag harus di atas potensial barrier. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan ilustrasi gambar berikut ini.

Model Pendekatan Pada Dioda

3. Model Pendekatan Kedua

Model pendekatan ini adalah model pendekatan yang paling mendekati kenyataan, yaitu dengan mempertimbangkan nilai potensial barrier dan nilai resistansi diodanya. Dengan model pendekatan ini dioda akan mempunyai karakteristik yang sama dengan sebuah konduktor yang tidak sempurna apabila di beri bias maju yang nilainya di atas potensial barriernya. Hal ini di sebabkan oleh adanya resistansi di dalam dioda itu sendiri. Sedangkan jika di bias balik maka akan menjadi sebuah isolator yang sempurna. Jadi pinsipnya hampir sama dengan model pendekatan yang pertama, hanya saja di model pendekatan yang kedua ini memperhitungkan nilai resistansi dioda.

Model Pendekatan Pada Dioda

Kesimpulan

  • Untuk model pendekatan dioda ideal, kita tidak memperhitungkan niai potensial barrier dan nilai resistansi dioda
  • Untuk model pendekatan dioda pertama, kita memperhitungkan nilai potensial barrier tetapi tidak memperhitungkan resistansi 
  • Untuk model pendekatan dioda kedua, kita memperhitungkan potensial barrier dan nilai resistansinya.

0 Response to "Model Pendekatan Pada Dioda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel