-->

Penyearah Setengah Gelombang Dengan Dioda

Penyearah Setengah Gelombang Dengan Dioda

Sebelumnya sudah kita bahas mengenai prinsip-prinsip kerja dioda, seperti bias maju, bias balik dan conoth-contoh soal yang sudah saya berikan. Nah untuk sekarang kita akan membahas mengenai manfaat dioda atau buat apa sih dioda itu ? Nanti akan kita bahas secara mendetail dengan bahas yang mudah di pahami tentunya.

Kata Penjelas /Pengantar

Ada banyak fungsi dioda, salah satunya yang akan kita bahas adalah untuk penyearah gelombang. Apa sih yang di maksut dengan penyearah gelombang ? Jadi yang di maksut dengan penyearah gelomang adalah, kita menyearahkan atau bahasa mudahnya merubah gelombang AC atau listrik dari PLN menjadi listrik DC atau listrik yang ada di batu baterai. Terus mengapa di sebut gelombang ? karena listrik AC atau listrik dari PLN itu kan sebenernya berbentuk gelombang, pastikan yang namanya gelombang naik turun, nah kita akan merubah gelombang tersbut menjadi searah atau bahas mudahnya menjadi lurus atau menjadi gelombang DC. Bagaimana caranya ? mari kita simak bersama-sama.

Penyearah Setengah Gelombang

Rangkaian penyearah setengah gelombang merupakan rangkaian penyearah yanghanya melewatkan setengah siklus dengan satu polaritas dari sinyal bolak-bali, sedangkan siklus yang lain di tahan.Penyearah setengah gelombang ini yang paling sederhana hanya menggunakan satu Dioda. Sedangkan input dari penyearah ini adalah Trafo dengan polaritas yang berlawanan. Sedangkan keluarannya adalah ujung-ujung beban resistor sebagai beban sebagaimana di tunjukan pada gambar berikut ini, 
Penyearah Setengah Gelombang Dengan Dioda
Rangkaian penyearah setangah gelombang dnegan 1 dioda

Dari gambar tersebut terlihat bahwa saat rentang waktu sinyal A (setengah gelombang pertama) dioda di bias maju sehingga arus akan mengalir melewati beban. Saat rentang waktu sinyal B (setengah gelombang kedua) dioda di bias balik sehingga tidak ada arus yang mengalir melewati beban. Mengapa tidak ada arus yang mengalir, karena dioda di bias balik. Silahkan baca postingan sebelumnya mengenai Bias Maju dan Balik Pada Dioda. Begitu seterusnya. Untuk jelaskan perhatikan hasil sinyal gelombang yang sudah di searahkan berikut ini.

Penyearah Setengah Gelombang Dengan Dioda

Jika masih belum paham, baca dan pahami pada tulisan yang saya beri warna biru. Jangan lupa Ketika membaca sambil perhatikan gambar gelombannya.

Rumus

• Dengan anggapan diodanya ideal, hasil penyearahan setengah gelombang mempunyai nilai tegangan DC (VDC) sebesar:
Penyearah Setengah Gelombang Dengan Dioda

•Dengan memasukkan p = 3,14 dan karena VP(out) = VP(in) maka
  VDC = 0,318 VP(in)
  VP(in) = tegangan puncak masukan dan   VP(out) tegangan puncak keluaran.

4 Responses to "Penyearah Setengah Gelombang Dengan Dioda"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel