-->

Cara Mudah Membaca Data Sheet IC LM324/LM224/LM35/NE555 dll

Cara Mudah Membaca Data Sheet IC LM324/LM224/LM35/NE555 dll

Semester 3 "EDISI ELEKTRONIKA LANJUT"
Kembali lagi dengan admin kuliahpayah.com pda postingan kali ini saya akan memberikan tutorial atau cara bagaimana membaca data sheet untuk IC LM124/324/224/LM2902 tapi sebenernya untuk membaca IC lainnya seperti IC 7805, 7905, NE555, LM35 LM358 dan berbagai jenis IC lainnya ada beberapa tahap yang harus kita ketahui supaya tidak bingung ketika membaca data sheet IC tersebut. Bagi seorang Engineer Sarjana S1, harus atau wajib bisa untuk membaca data sheet, karena nanti ketika kita seorang engineer di hadapkan dengan sebuah IC atau suatu alat yang kita tidak tau alat itu apa dan untuk apa dan ketentuan-ketentuan lainnya. Maka dengan data sheet lah kita dapat mengetahui pada alat tersebut atau dalam kasus ini adalah IC. Jika kita tidak tahu data sheet nya, maka mau dapet dari mana kita data-datanya ? misal kita di beri suatu alat yang kita gak tau itu alat apa, kemudia kita di suruh menjalankan fungsi dari alat tersebut. Jika kita tidak tahu data sheetnya, maka akan bahaya, misal arus maksimal pada alat tersebut kita gak tau, kemudian pada saat merangkai alat tersebut kita memberi arus yang besar atau melebihi arus maksimal pada alat tersebut. Terjadilah kerusakan atau bahkan terbakar.
Oleh karena itu membaca data sheet sangatlah penting bagi seorang engineer (khususnya ENGINEER ELEKTRO).

Cara Mudah Membaca Data Sheet IC LM324/LM224/LM35/NE555 dll

Pada buku data sheet pada alat yang kita beli seharusnya ada data sheetnya, kalo untuk data sheet IC anda bisa cari di google, dengan cara mengetikan "Data Sheet IC yang kamu cari". Nah yang menjadi permasalahan apakah kita bisa membaca data-data tersebut aplaagi kalo pake bahasa inggris ? atau kita bingung apa maksutnya itu ?
Pada dasarnya 3 cara yang bisa kita gunakan untuk membaca data sheet sebuah IC atau alat lainnya.

3 Cara Membaca Data Sheet pada IC

  • Membaca Description
Pada dasarnya di sebuah data sheet pada IC akan ada 3 penjelasan dimana kita bisa membaca data sheet IC tersebut. Nah yang pertama adalah bagian Description. Bagi yang jago dalam bahasa inggris, kamu bisa mengetahui data-data IC kamu hanya dengan membaca description. Di Description akan terdapat : General description, avanteges, feature, dll. Oke biar lebih mudah saya akan berikan contoh data sheet IC LM124/LM324/LM2902. Perhatikan gambar di bawah ini.

Membaca Data Sheet IC LM124/LM324/LM2902


Pada gambar data sheet tersebut kita bisa membaca bahwa untuk Bandwidth keseluruhan adlaah 1MHz dengan Gain 100dB. Jika input resistansi, output resistansi, arus atau data-data yang lain tidak ada di description, maka kita cari di bagian tabel.


  • Membaca Data Sheet Dengan Tabel
Setelah kalian cari-cari kok gak ada, anda bisa gunakan tabel pada buku data sheetnya. Perhatikan gambar di bawah.

Pada tabel tersebut kita bisa menemukan data-data yang tidak ada di description tadi. Misalnya input maksimal arus yang di perbolehkan, voltage gainnya dan lain-lain. Jika di tabel masih belum ada juga data yang anda cari, berarti data sheetnya ada di bagian grafik.

  • Membaca Data Sheet Dengan Grafik

Jika data yang anda cari-cari masih belum ketemu di bagian description dan tabel, berarti besar kemungkinan datanya ada di grafik. Perhatikan gambar berikut ini.
Memang sedikit sulit untuk membaca data sheet dengan grafik ini. Tapi mau tidak mau jika memang di tabel tidak ada dan di description juga tidak ada. Pada gambar bisa kita lihat misalnya untuk data voltage Gainnya akan berniali sekitar 100dB ketika frequency nya 10Hz. Di situ juga ada keterangan V^+ nya 30Vdc, bagian-bagian ini cukup penting jadi harus di pahami.

Kesimpulan

Ada 3 cara untuk membaca data sheet misal data sheet pada IC. Jika datanya tidak ada pada Description, berarti ada di bagian tabel, jika tidak ada juga berarti ada di grafik. Silahkan cari dengan teliti karena biasanya kurang teliti maka tidak ketemu datanya.

Oke mungkin itu dulu yang dapat admin berikan, semoga bermanfaat. Silahkan update terus website ini secara gratis dengan subcribe via email.
Jangan lupa baca post terkait seputar data sheet dan lainnya :

0 Response to "Cara Mudah Membaca Data Sheet IC LM324/LM224/LM35/NE555 dll"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel