-->

Gambar Mesin Pengayak Pasir Beserta Komponennya

Di Indonesia banyak terdapat penambang pasir baik itu resmi ataubahkan liar, salah satu mesin atau alat yang sanat berguna di penambang pasir di antaranya adalah mesin pengayak pasir, mesin ini yang akan memisahkan antara meterial apsir yang bagus dengan material yang jelek. Salah satu pasir yang memiliki kualitas terbaik di indonesia bahkan di dunia adalah pasir hasil letusan gunung merapi, yogyakarta. Pasir hasil letusannya konon katanya memiliki kualitas nomor 1. Di sekitar gunung merapi seperti di sungai-sungai yang dulunya bekas aliran lahar dari puncak gunung, kini menjadi ladang mata pencaharian warga sekitar atau bahkan orang penambang pasir. Dampak letusan gunung merapi memang menjadi berkah tersendiri untuk penambang pasir. Mesin pengayak pasir memang sangat berperan penting untuk mendapatkan pasir yang bagus untuk bahan bangunan. Berikut foto atau gambar mesin pengayak pasir dengan komponennya atau bagian-bagiannya. Untuk rancangan mesinnya atau cara pembuatan mesin pengayak pasir akan di bahas pada post berikutnya.
Post lainnya : Daftar 10 Pakaian Adat Provinsi di Sumatera Beserta Gambar 2017/2018

Pengayakan atau penyaringan adalah proses pemisahan secara mekanik berdasarkan perbedaan
ukuran partikel. Pengayakan (screening) dipakai dalam skala industri, sedangkan penyaringan
(sieving) dipakai untuk skala laboratorium.
  Produk dari proses pengayakan/penyaringan ada 2 (dua), yaitu :
• Ukuran lebih besar daripada ukuran lubang-lubang ayakan (oversize).
• Ukuran yang lebih kecil daripada ukuran lubang-lubang ayakan (undersize).
Dalam proses industri, biasanya digunakan material yang berukuran tertentu dan seragam. Untuk memperoleh ukuran yang seragam, maka perlu dilakukan pengayakan. Pada proses pengayakan zat padat itu dijatuhkan atau dilemparkan ke permukaan pengayak. Partikel yang di bawah ukuran atau yang kecil (undersize), atau halusan (fines), lulus melewati bukaan ayak, sedang yang di atas ukuran atau yang besar (oversize), atau buntut (tails) tidak lulus. Pengayakan lebih lazim dalam keadaan kering (McCabe, 1999, halaman 386).


Pengayakan biasanya dilakukan dalam keadaan kering untuk material kasar, dapat optimal sampai dengan ukuran 10 in (10 mesh). Sedangkan pengayakan dalam keadaan basah biasanya untuk material yang halus mulai dari ukuran 20 in sampai dengan ukuran 35 in.

Gambar Mesin Pengayak Pasir Beserta Komponennya


Gambar Mesin Pengayak Pasir Beserta Komponennya
Rancangan Mesin Pengayak Pasir

Komponen Mesin Pengayak Pasir :

  1. Motor
  2. Pulley Penggerak
  3. Pulley yang digerakkan
  4. Poros
  5. Poros Engkol
  6. Spring / Pegas
  7. Penyaring ( Pengayak Pasir )
  8. Penyangga ( Rangka )
  9. Tempat penampung pasir halus
  10. Tempat penampung pasir kasar  

0 Response to "Gambar Mesin Pengayak Pasir Beserta Komponennya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel