-->

Permasalahan Pajak di Indonesia



Sobat kuliahteknik, Permasalahan Pajak di Indonesia memang cukup kompleks, berikut penjelasannya.

Kali ini kita akan bahas mengenai permasalahan pajak yang terjadi di indonesia saat ini.
Pajak adalah wujud kemampuan bangsa indonesia untuk mewujudkan pembangunan negeri seperti yang tercantum dalam ketetapan MPR RI nomor II/PR/1998 Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN). Tahun 2016 realisasi pendapatan negara dari pajak hanya 1.288,6 triliun rupiah atau 83.4% dari yang di targetkan 1.539,2 triliun rupiah. Hingga akhir Mei 2017, realisasi penerimaan pajak baru sebesar 398,7 triliun rupiah atau belum mencapai separuh dari target APBN 2017.

Permasalahan Pajak di Indonesia

Indonesia memiliki sumber daya alam yang cukup melimpah mulai dari sektor pertanian, perikanan, perkebunan hingga pertambangan. Namun sumber kekayaan tersebut belum dapat di maksimal sehingga negara kita masih sangat tergantung dengan pajak. Dalam meningkatkan pendapatan dari pajak yang belum memenuhi target, pemerintah selama ini hanya fokus mengejar wajib pajak yang sudah patuh. Contohnya adalah pajak kendaraan dan bangunan. Padahal masih banyak potensi pajak yang dapat di gali misalnya, pajak dari pengusaha pertambangan, pajak profesi seperti kurator, dosen, dokter yang juga masih banyak belum taat pajak.

Penyebab permasalahan pajak di indonesia dapat kita lihat dari 2 sudut pandang, yang pertama dari masyarakat (wajib pajak) nya itu sendiri, yang kedua dari pemerintahnya sendiri (sistem pajak).
Berikut adalah penyebab permasalahan pajak di lihat dari sudut pandang masyarakat (wajib pajak) :

Korupsi
Banyak masyarakat yang enggan untuk membayar pajak di sebabkan uang pajak yang mereka bayarkan hanya di salah gunakan oleh beberapa orang saja.

- Transparansi
Ini adalah alasan yang sangat mendasar yang di tunggu-tunggu oleh wajib pajak, karena tidak adanya transparansi maka uang pajak dapat dengan mudah di salah gunakan.

- Subsidi
Dari waktu ke waktu subsidi pemerintah semakin berkurang sehingga menyebabkan harga barang menjadi naik, seperti BBM, LPG, dan barang subsidi lainnya.

Pembangunan Belum Maksimal
Pemerintah belum maksimal dalam memeratakan pembanguna, hingga saat ini sering terjadi ketidakseimbangan pembangunan antara desa dan kota.

- Kesehatan
Hingga saat ini banyak orang yang tidak mampu berobat ke rumah sakit umum. Hal tersebut di karenakan tidak tersalurkannya dana kesehatan dengan baik dan sulitnya untuk mengurus jaminan kesehatan.

Penyebab Permasalahan pajak dari sudut pandang pemerintah

1. Kekurangan Pegawai Pajak
Dirtjen pajak menganggap permasalahan menurunnya penerimaan pajak bukan karena kekurangan pegawai pajak. Padahal ini sangat berpengaruh untuk mempercepat pemungutan pajak.

2. Rumitnya Sistem Pajak di Indonesia
Dari sumber economy.okezone sistem pajak indonesia menjadi yang terumit di Asean. Hal ini juga di akui oleh menteri keuangan Sri Mulyani yang mengakui bahwa peraturan pajak di indonesia sangat rumit.

3. Pegawai Pajak Korupsi
Imbas dari rendahnya kesadaran masyarakat akan bayar pajak dimana sering terjadinya korupsi yang di lakukan pegawai pajak itu sendiri. Jika ini terus berlanjut maka akan menurunkan kepercayaan masyarakat akan realisasi pajak.

0 Response to "Permasalahan Pajak di Indonesia "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel