-->

Bangga Menggunakan Produk Asli Indonesia di Toko Online Blibli.com

Bangga Menggunakan Produk Asli Indonesia di Toko Online Blibli.com


Assalamualaikum.wr.wb
Setelah sekian lama gak posting-posting di karena banyak tugas dari kampus yang harus di selesaikan, maklum di akhir-akhir semester keteteran di kejar-kejar deadline 😂. Oke di sela-sela kesibukan ini, saya sempetkan untuk membuat artikel menarik tentang Bangga Menggunakan Produk Asli Indonesia di Toko Online Blibli.com. Menurut saya, ini sangat menarik untuk di bahas jika melihat keprihatinan produk-produk dalam negeri kita saat ini. Bukannya semakin berkembang malah tambah berkurang peminatnya 😀 banyak sekali faktor penyebab mengapa produk asli dalam negeri kurang di sukai oleh masyarakat. Disini saya akan mencoba untuk menguraikannnya secara detail dan menyeluruh. Karena besok gak ada Ujian di kampus, jadi bisa menguraikannya lebih panjang.

Saya sendiri sebagai mahasiswa di jogja merasakan, bagaimana bukan hanya masyarakat tetapi teman-teman mahasiswa yang kurang minat terhadap produk dalam negeri. Mulai dari fashion hingga aksesoris kecil-kecil. Ini membuktikan bahwa kesadaran akan cinta produk dalam negeri masih sangat kurang. Misal saja batik, batik merupakan produk asli dalam negeri bahwa sudah di akui dunia, tapi jika melihat realitanya, sangat sedikit yang menggunakannya. Di Jogja sendiri untuk temen-temen mahasiswa sangat jarang saya temui yang menggunakan batik. Biasanya hanya di gunakan untuk acara-acara tertentu, padahal batik bisa di variasikan dengan berbagai jenis model.
Ketika di tanya, beragam jawaban yang muncul dari mulut temen-temen, ada yang bilang kurang keren lah, ada yang bilang cupu lah, ada yang bilang murahan, dan lain sebagainya. Kurangnya kesadaran akan cinta produk dalam negeri ini, membuat para produsen produk-produk dalam negeri harus berpikir dua agar bagaimanapun caranya bisa menarik perhatian konsumen khususnya konsumen dalam negeri terlebih dahulu. Sebenernya banyak produk-produk dalam negeri yang menarik, salah satunya yang ada di Toko Online yang cukup terkenal oleh kalangan masyarakat indonesia, yakkni Blibi.com Di toko tersebut terpajang banyak sekali produk-produk asli dalam negeri, mulai dari fashion, makanan hingga pernak-pernik lainnya. Nanti akan di bahas lebih lanjut, sebelumnya akan saya uraikan terlebih dahulu tentang kurangnya kesadaran masyarakat indonesia akan cinta produk dalam negeri dan strategi-strategi negara-negara maju yang memiliki produk-produk yang bisa mendunia baik di negara hingga ke mancanegara.

Sudahkah Kita cinta Produk dalam negeri ?

Kata-kata di atas memang sedikit riskan di telinga kita yang kurang suka dengan produk-produk dalam negeri, walaupun ada suatu keinginan di dalam diri seseorang tersebut untuk menginginkan produk-produk dalam negeri bisa terkenal hingga mancanegara. Nah berarti di sini yang salah bukan kesadaran akan kurangnya cinta produk dalam negeri, tetapi kurangnya keyakinan menggunakan produk dalam negeri dan mindset yang sudah tertanam bahwa tidak keren jika menggunakan produk dalam negeri. Jadi disini kita harus merubah mindset tersebut menjadi tidak keren jika tidak menggunakan produk dalam negeri. Minimal produk-produk dalam jangkaian dengan skala yang kecil terlebih dahulu, misal dari fashion. Mengubah mindset ini memang tantangan tersendiri bagi kita semua, karena mengubah mindset yang sudah tertanam sejak lama itu susah, harus saling berkaitan tidak hanya 1, 2, 3 orang saja yang bergerak untuk merubah mindset tersebut. Di perlukan mental yang kuat untuk menghadapi hal tersebut. Selain itu peran pemerintah juga cukup krusial dalam hal ini, mengapa ?? karena pejabat publik itu sebagai panutan. Bagaimana bisa masyarakatnya cinta produk dalam negeri, jika penjabat publiknya saja menggunakan produk luar negeri 😂.
Untuk itu peran pemerintan dalam hal memajukan produk dalam negeri sudah jelas sangat penting, merupakan kewajiban pemerintah untuk mengkampanyekan slogan "Bangga Menggunakan Produk Asli Indonesia". Selain peran pemerintah yang di butuhkan, peran TOKO ONLINE juga penting, nah salah satu Toko Online yang sudah memberikan kontribusi untuk cinta produk dalam negeri adalah Blibi.com

Gak keren kalo pake produk Dalam Negeri ??? Gak salah tuh,..😕

Di era pasar global saat ini, produk-produk dalam luar negeri membanjiri Misalnya saja, saya sebagai mahasiswa dengan teman-teman yang memiliki latar belakang ekonomi mengenah ke atas, ketika ada salah satu teman saya yang menggunakan produk dalam negeri, kebiasaan temen-temen yang lain adalah mengejeknya dengan melemahkan mentalnya, misal temen-temen yang lain bilang, "Ah cupu loe, pake baju batik ke kampus 😀" atau "iih, loe pake produk apaan tu, gak jelas banget deh" dan ucapan-ucapan lainnya. Walaupun ucapan-ucapan tersebut hanya konteks bercanda, tetapi tidak di sadarai bahwa itu merupakan pelemahan mental seseorang yang di ejek tadi. Bisa di pastikan, lama kelamaan temen saya tadi tidak menggunakan produk tersebut lagi, karena tidak ingin di ejek dengan teman-temannya. Cerita tersebut memang realitanya seperti itu, walaupun secara tidak di sadari hal tersebutlah yang membuat kurangnya cinta produk dalam negeri. Seperti yang sudah kita bahas di atas, bahwa semua elemen harus ikut serta dalam mengkampanyekan cinta produk dalam negeri, salah satunya di kalangan mahasiswa. Kita harus mengubah mindsetnya bahwa "Lebih Keren Kalo Pake Produk dalam Negeri 😊". Salah satu kesukaan temen-temen mahasiswa saya adalah belanja Online, siapa sih yang tidak pernah belanja Online ??? kalo belum pernah, berarti loe ketinggalan zaman heheh 😀, nah dari sini kita bisa memasarkan produk-produk dalam negeri melalui Toko Online, ada toko online yang menarik perhatian saya, yakni Blibli.com, karena saya baru tahu kalo di Blibli.com ada produk-produk asli indonesia yang di jual di situ. Dimana produk-produk tersebut tersimpan Galery Indonesia. Ini menarik menurut saya untuk menyebar luaskan akan Cinta Produk dalam negeri, menurut saya ini ide yang bagus untuk kedepannya. Oke kita bahas lebih lanjut di bawah ini 😏

ONLINE SHOP Sebagai Strategi Pemasaran Produk Dalam Negeri Yang Efektif

Di era digital saat ini, semua bisa di akses melalui internet, salah satu dampak dari kemudahan akses informasi-informasi lewat internet tersebut adalah, di mudahkannya seseorang bisa bertransaksi dengan orang lain, sekalipun orang tersebut berada jauh di negera tertentu. Tanpa perlu dateng bertatap muka langsung dengan penjual, barang idaman kita pun bisa kita dapatkan dengan mudah hanya dengan transaksi lewat smartphone kita. Dengan kemudahan tersebut, banyak orang yang lebih suka berbelanja Online ketimbang belanja langsung di tempat. Mulai dari kalangan masyarakat umum, hingga kalangan pelajar.
Temen-temen mahasiswa, banyak yang suka dengan belanja online, nah ini peluang bagus untuk memasukan produk-produk dalam negeri ke toko online tersebut. Ketika seseorang sudah suka dengan sesuatu, pasti dia akan suka juga dengan apa yang ada pada sesuatu tersebut (*kalimatnya gak jelas,.😅) Produk-produk tersebut secara tidak langsung akan di lihat oleh para pembeli.
Siapa yang tidak kenal dengan toko Online Blibli.com ??? Ada hal yang menarik buat saya, dimana di blibli.com tersedia produk-produk asli indonesia. Ini menarik untuk di bahas lebih lanjut, misal di adakan sebuah seminar atau workshop tentang tentang strategi-strategi pemasaran produk dalam negeri melalu blibi.com dan lain sebagainya. Di Blibli.com ini ada berbagai macam produk yang kualitasnya 100% Produk Kreatif Asli Indonesia. Mulai dari fashion hingga makanan. Ini ide yang sangat bagus dari blibi.com untuk memperkenalkan produk-produk dalam negeri agar lebih di kenal dan di cintai oleh masyarakat indonesia. Jika kita melihat peminat di blibli.com cukup banyak.
Salah satu strategi yang bisa di terapkan adalah, dengan cara membuat Katalog khusus untuk poduk-produk dalam negeri. Seperti yang ada di blibli.com yang memiliki katalog tentang "Galeri Indonesia" di mana di dalamnya terdapat produ-produk asli indonesia. Apa saja produk-produk asli indonesia yang ada di blibli.com ? yuk kita bahas,.😊

Apa Saja Produk-Produk Asli Indonesia Yang Ada Galeri Indonesia di Blibli.com ?

Ada banyak produk-produk dalam negeri yang ada di Galeri Indonesia Blibli.com, mulai dari fashion hingga makanan. Oke biar tambah OKE, saya kasih tau beberapa produk-produknya.
  • Galeri Fashion
Kita tahu, bahwa peminat Onlineshop untuk fashion ini cukup tinggi, sehingga banyak produsen-produsen lokal, agar bagaimana caranya produknya bisa di minati masyarakat. Berdasarkan data statistik yang saya dapat dari kompas.com bahwa barang yang sering di beli di toko online adalah fashion. Dimana kemudian untuk urutan kedua di duduki oleh mobile phone, kemudian urutan ketiga di isi oleh pengguna elektronik. Datanya bisa di lihat di bawah ini.

Data Statistik Barang Yang Sering di Beli di Toko Online


Dari data tersebut di ketahui bahwa fashion memiliki peminat yang sangat banyak. Salah satu produk asli indonesia yang ada di Galeri Indonesia Blibli.com adalah batik, walaupun batik Produk Kreatif 100% Indonesia yang Mendunia, tetapi untuk peminat di indonesia masih kurang. Di Galeri Indonesia Blibli.com terdapat model-model batik yang sudah di sesuaikan modelnya agar konsumen tertarik, denga mengikuti model yang trend saat ini. Contohnya adalah kemeja lengan pendek dengan berbagai macam corak batik. Gambarnya bisa di lihat di bawha ini ya.


Source : Galeri Indonesia Blibli.com




Gimana teman-teman ?? keren juga kan batiknya,. 😋, buat yang tertarik sama produk-produknya yang keren-keren abis, bisa kunjungi di Galeri Indonesia Blibli.com => Produk Kreatif 100% Indonesia yang Mendunia. Selain baju, ada juga jam tangan batik, pokoknya serba batik deh 😀. Mau lihat seperti apa jam batiknya ?? yuk kita lihat

Source : Galeri Indonesia Blibli.com




Gimana jam tangan batik nya ?? keren-keren abis kan,. pada pengen nih kayaknya 😋, buat yang gak sabar untuk memilikinya, silahkan cek spesifikasinya di Galeri Indonesia Blibli.com => 100% Produk Kreatif Asli Indonesia

  • Galeri Kuliner
Selain fashion, di galeri indonesia blibli.com terdapat juga produk-produk kuliner khas asli indonesia, pada kategori kuliner ini terdiri dari bahan makanan, camilan, hingga makanan instan. Jadi Toko Online tidak hanya menjual non makanan tetapi bisa juga menjual makanan-makanan instan, seperti indomie instan asli indonesia, bahan makanan beras maknyus asli indonesia, camilan ringan khas indonesia, minyak goreng asli indonesia dan masih banyak lagi. Produk-produknya bisa kita lihat beberapa di gambar bawah ini.

Source : Galeri indonesia blibli.com



Buat kalian yang suka sambel khas indonesia, tenang saja para sambel nusantara lovers, di galeri indonesia kuliner di blibli.com juga tersedia beragam jenis sambel khas nusantara. Walaupun banyak juga saingan sambel dari produk luar negeri, tapi tetep buat orang indonesia, sambel nusantara tiada duanya. Buat temen-temen yang merantau jauh dari ibu, biasanya kan di buatin tuh sambelnya, sekarang jangan khawatir lagi, karena kalian bisa mendapatkannya secara online. Apa saja macam-macm sambelnya ? yuk kita intip di galeri indonesia blibli.com

Sambal Asli Nusantara di Galeri Indonesia Blibli.com

Source : Galeri Indonesia di blibli.com



Masih ada banyak macam-macam sambel yang ada di galeri kuliner blibli.com, mulai dari sambel bawang, sambel trasi, sambel rujak, sambel ikan, sambel teri, sambel gledek dan masih banyak lagi. Buat yang penasaran, bisa langsung kunjungi galerinya => Galeri Tiket & Travel Lokal Indonesia
  • Galeri Tiket & Travel Lokal Indonesia
Indonesia merupakan negara dengan berbagai pesona dari ujung barat hingga ujung paling timur indonesia. Panorama alam yang indah di tambah dengan keunikan budayanya, membuat indonesia is very beautiful. Buat temen-temen yang suka travel keliling indonesia, di galeri indonesia blibli.com juga tersedia galeri khusus mengenai travel dan tiket. Jadi galeri ini mempermudah kalian yang ingin jalan-jalan ke berbagai tempat wisata di indonesia. Terdapat berbagai tiket travel destinasi wisata yang bisa anda dapatkan disini. Misal ke karimun jawa, bali, anyer dan tempat-tempat wisata lainnya. Terdapat lebih dari 600 destinasi wisata domestik indonesia.

Source : Galeri Indonesia blibli.com 



Masih banyak produk-produk 100% Produk Kreatif Asli Indonesia yang ada di Galeri Lokal Indonesia di Blibli.com, di antaranya yang belum saya sebut di atas, Galeri Buku & Musik Indonesia, Galeri Kriya Indonesia, Galeri Pakaian Muslim Indonesia, Galeri Produk Kecantikan dan Galeri Workshop. Karena keterbatasan waktu, tidak bisa saya bahas satu persatu 😅.
Untuk tampilan Galeri Indonesia di Blibli.com bisa lihat gambar di bawah ini, atau kunjungi langsung => https://www.blibli.com/galeri-indonesia/GA-1000036

Bangga Menggunakan Produk Asli Indonesia di Toko Online Blibli.com
Tampilan Galeri Indonesia di Blibli.com

Galeri Indonesia di Blibli.com 

Galeri Indonesia merupakan sejenis katalog yang ada di situs besar blibli.com, di mana di dalamnya terdapat Produk Kreatif Asli Indonesia. Di Galeri Indonesia tersebut terdapat lagi beberapa kateroginya, di antaranya :
  1. Galeri Batik Indonesia 
  2. Galeri Buku & Musik Indonesia 
  3. Galeri Kriya Indonesia 
  4. Galeri Kuliner Lokal Indonesia 
  5. Galeri Local Brands Indonesia 
  6. Galeri Pakaian Muslim Indonesia 
  7. Galeri Produk Kecantikan 
  8. Galeri Tiket & Travel Lokal Indonesia 
  9. Galeri Workshop
Di Galeri Indonesia tersebut mendatangkan Produk Kreatif 100% Indonesia yang Mendunia. Diantara produknya sudah saya bahas di atas. Dengan adanya galeri Indonesia ini, bisa mewujudkan cita-cita akan cinta terhadapt produk dalam negeri.

Bagaimana Cara Belanja Cepat dan Mudah di Blibli.com ?

Buat temen-temen yang belum tau bagaimana cara belanaj cepat dan mudah di blibli.com, bisa menginstall aplikasi blibli.com nya di smartphone kalian. Aplikasinya support untuk windows, Andorid maupun IOS. Yuk Ikuti langkah-langkahnya di video berikut ini. Selamat mencoba.


Source : blibli.com channel

Selamat berbelanja di Galeri Indonesia Blibli.com 
Judul : Bangga Menggunakan Produk Asli Indonesia di Toko Online Blibli.com
Penulis : Ayattullah Alhusaini'TM kuliahpayah.com


71 Responses to "Bangga Menggunakan Produk Asli Indonesia di Toko Online Blibli.com"

  1. kalo cinta produk dalam negeri itu keren :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener banget tu gan, 100 deh buat agan |o| |o| |o| |o| |o|
      Tapi kalo bisa jangan cuma ucapan gan, tapi pembuktian :-d :-d

      Delete
    2. Hehe,... bangga pakai produk asli
      tapi jangan lupa asli harus berkualita :D

      Delete
  2. ane setuju sob, produk indonesia tidak kalah saing dengan produk asing. apalagi kualitas dan harganya.. yok mari budayakan dari sekarang memakai produk dalam negri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi gan, mari kita budayakan untuk cinta produk dalam negeri. Agar produk-produk dalam negeri kita tambah terkenal oleh banyak orang

      Delete
  3. Setuju min cintailah produk info,nice info ^_^

    ReplyDelete
  4. sipp nih. produk dalam negeri nggak kalah keren kok sama produk luar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, tapi kenyataannya masih banyak yang kurang minat pake produk dalam negeri. Gak tau kenapa, mungkin karena gengsi juga gan

      Delete
  5. mantap ente gan :D setuju banget :D bangsa kita lagi di jajah oleh barang" dari barat, padahal hanya menang label "impor" doang -_- miris lihat artis" yang suka pamer brand luar negri -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip gan, memang pergerakan untuk Cinta Produk Dalam Negeri harus sedikit demi sedikit, paling tidak mulai dengan produk-produk kecil. Selain itu para produsen produk lokalnya juga harus member standarisasi yang pas untuk masyarakat indonesia.
      Kalo artis mah sudah jelas gengsi gan kalo pake produk dalam negeri =D nanti takut pamor artisnya nurun hehe

      Delete
  6. Wah di Blibli cukup banyak juga ya produk dalam negeri.. gak kaya olshop populer lain yg ga jarang bnyk menjual produl luar :) Ya smoga makin bnyk penjual kreatif yg bisa memasarkan produk nuansa indonesia sampai terkenal dan laku di luar negeri :-bd

    ReplyDelete
  7. Iya gan di Blibi.com banyak produk-produ dalam neegeri yang di jual, semoga ini bisa jadi contoh olshop yang dalam dalam memasarkan produk-produk asli indonesia ke masyarakat yang lebih luas, agar produk indonesia banyak yang di kenal dan pastinya di pake. :-bd :-bd :-bd :-bd :-bd
    Kalo mau lihat-lihat produknya bisa kunjungi langsung websitenya gan => https://www.blibli.com/galeri-indonesia/GA-1000036

    ReplyDelete
  8. enta kenapa anak zaman sekarang lebih cinta produk luar negri padahal produk kita sendiri bagus + kuliatas juga baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena mindset kita yang sudah tertanam bahwa Produk Dalam negeri itu cenderung jelek =D bener banget tu gan, prdouk-produk indo juga gak kalah bagusnya sama produk luar

      Delete
  9. klau anee si cinta produk dalam negri..tpi klau produk dalam negri di bidang elektronik menurut anee kurang bagus uda gitu cepat rusak ...masi klah sama produk luar gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih gan, paling enggak kita cinta produk" dalam negeri untuk pakaian misalnya atau cemilan juga, lama-kelamaan fashion lokal akan terkenal :-bd

      Delete
  10. Wah ane jarang gunain produk dalam negeri nih :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. mulai sekarang di biasakan gan, kan udah ada toko online blibli.com yang jual produk dalam negeri, selain mudah juga terpercaya :)

      Delete
  11. produk dalam negeri memang sangat berkualitas, mari bergerak

    ReplyDelete
  12. mari! cintailah ploduk2 indonesia :)

    ReplyDelete
  13. produk dalam negeri mutunya memang sangat tinggi, apalagi kalo cara pemaasarannya itu bagus pasti lebih joss :D

    ReplyDelete
  14. barangnya berkualitas harganya pun pas :-d

    ReplyDelete
  15. lebih baik produk dalam negri gan, cintai produk indonesia :)

    ReplyDelete
  16. Replies
    1. Oke silahkan di download gan, selamat berbelanja sepuasnya :-bd

      Delete
  17. kan produk dlm negri juga ngga klh sma luar negri...nice post gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener gan, cuma orang indonesia aja yang gengsi kalo pake produk dalam negeri

      Delete
  18. Betul bgt min,cintailah produk indo,respect ^_^

    ReplyDelete
  19. keren gan,, betul tuhh,, hrs bangga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, semoag dengan adanya galeri indonesia blibli.com, produk" indonesia tambah di kenal masyarakat.

      Delete
  20. Replies
    1. kalo ane minat batiknya gan, kelihatan indonesia banget deh ;) ;) ;) ;) ;) ;) ;) ;) ;)

      Delete
  21. Saya setuju gan. Mari cintai karya tangan Indonesia

    ReplyDelete
  22. padahal produk indo itu emang luar biasa,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, produk dalam negeri tidak kalah dengan produk luar cuma kita sekarang harus membiasakannya untuk menggunakan produk dalam negeri

      Delete
  23. Cintailah produk indo ^_^ all

    ReplyDelete
  24. Jangan Lupa juga ada laptop gaming dengan spesifikasi dewa buatan Indonesia, dan juga motor berbahan bakar air... Hidup Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran ada gan ?? ane baru tahu malahan :( semoga terus di kembangin gan, agar tambah terkenal dan mendunia

      Delete
  25. Stop produk luar ;) Go Indo Product

    ReplyDelete
  26. Sebenernya produk dalam negeri jauh lebih berkualitas dari produk impor...

    ReplyDelete
  27. produk Indonesia harus bisa mendunia nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja bisa gan, asalnya kita cntai produk kita dahulu :lv

      Delete
  28. ternyata di blibli jual sambel juga, salut dah bener2 produk asli indo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi gan, di blibli jual sambel, kalo agan pengen sambel bisa langsung pesen di blibli gan =D bisa di cek produknya di sini gan => https://www.blibli.com/galeri-indonesia/GA-1000036

      Delete
  29. Mantap gan , yok mari bareng-bareng mengembangkan produk asli indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo gan ayok :-bd salah satu caranya bisa beli produk-produk asli indonesia di Galeri Kuliner Indonesia Blibli.com ;)

      Delete
  30. Replies
    1. iya gan keren-keren, sbenernya masih bnyk lagi gan produk-produknya, kalo mau lbih lengkap langsung aja kunjungi galeri indonesia blibli.com => https://www.blibli.com/galeri-indonesia/GA-1000036

      Delete
  31. Kalau utk fashion, sy prefer utk membeli langsung drpd membeli online. Misalnya saat ke Yogya, sy sengaja mengunjungi toko batik disana. Lebih percaya jika melihat dan memegang bahan batik serta mencobanya. Krn jika tidak cocok, bs segera mencari pengganti. 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih gan, tapi biasanya ada juga yg lebih suka beli online, biasanya toko yang sering jadi langganannya udh terpercaya. Kalo di Galeri Indonesia Blibli.com insyaAllah udh terpercaya gan, udah banyak juga testimoninya, silahkan cek disini :-d
      http://www.siwalan.com/2015/01/pelayanan-blibli-semakin-membaik-dari.html

      Delete
  32. Bangat menggunakan produk indo ^_^,tpi klo fashion saya mending beli lagsung gan selain bisa pilih juga bisa nawar heheh

    ReplyDelete
  33. Wih kita juga harus banggu cinta produk dalam negrilah.....makasih gan infonya

    ReplyDelete
  34. memang kita harus tanamkan kecintaaan pada produk dalam negeri dari kecil biar produk indonesia gak ketinggalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget tu gan, harus sejak kecil menanamkan cinta produk dalam negeri |0|

      Delete
  35. produk dalam negeri kan nggak buruk ngapain pilih produk luar negeri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak buruk sih gan, cuma peminatnya kurang hehe @@,

      Delete
  36. ayo support produk dalam negeri

    ReplyDelete
  37. menggunakan produk asli Indonesia membantu UKM menjadi lebih baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. siip gan :-d ayok buruan pake produk dalam negeri, produk-produk dalam negeri sekarang sudah tersedia di Toko Online blibli.com, mempermudah kalian yang jauh dari tempat penjulan =D

      Delete
  38. Banyak yang bilang produk dalam negri ketinggalan jaman, mereka belom lihat baju batik, salut buat admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih gan, sekarang kita sudah bisa beli baju batik tidak harus ke pembuatnya, bisa langsung di galeri indonesia blibli.com :)

      Delete
  39. Persaingan tambah ketat untuk dunia bisnis , apalagi udah jaman globalisas atau jamannya perdagangan bebas . Kita sebagai warga Indonesia harus memiliki pola pikir yang maju untuk siap menghadapi persaingan ini . Lebih di kembangkan budaya Indonesia, produk asli indonesia . Harus punya inovasi baru dengan saling terkait dengan budaya Indonesia

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel