-->

10 Penemuan Nikola Tesla Paling Berpengaruh di Dunia

10 Penemuan Nikola Tesla Paling Berpengaruh di Dunia

Siapa yang tidak mengenal nama nikola Tesla, seorang ahli di bidang kelistrikan yang banyak menemukan berbagai penemuan-penemuan khususnya dalam bidang kelistrikan. Walaupun namanya tidak seterkenal Alfa Edison, Elbert Einstain dan tokoh-tokoh jenius lainnya. Karena ada masalah politik yang membuat nikola tesla cenderung tidak di kenal orang, padahal penemuan-penemuannya sangat berpengaruh dalam teknologi yang berkembang hingga saat ini. Apa saja penemuan-penemuan nikola tesla yang paling berpengaruh di dunia ? inilah 10 penemuan terbesar nikola tesla yang mungkin belum kita ketahui dan telah mempengaruhi dunia saat ini.

10 Penemuan Nikola Tesla Paling Berpengaruh di Dunia

1. Listrik Arus Bolak-balik (AC)

Listrik AC atau yang biasa kita kenal listrik PLN ini merupakan sebuah penemuan yang sangat penting dalam keberlangsungan hidup manusia. Saat ini siapa yang rumahnya tidak menggunakan listrik ? kebutuhan akan listrik ini memang menjadi kebutuhan pokok manusia saat ini.
Ini adalah peperangan antara Tesla dan Edison di mulai, saat Edison berjibaku dengan listrik searah atau DC, ia banyak memberikan isu buruk pada penemuan listrik AS yang di temukan tesla. Namun tesla merespon Edison bahwa arus bolak balik lebih baik dan aman di bandingkan dengan arus listrik searah (DC) yang di temukan Edison. Bahwa dengan arus AC dapat menghasilkan cahaya secara langsung dnegan menembakan arus pada tubuhnya. Perlu di ketahui bahwa arus DC yang saat ini sering kita pakai contohnya baterai, sedangkan arus bolak-balik (AC) contohnya adalah Generatot listrik yang di gunakan untuk memproduksi listrik lebih besar yang kita kenal dengan sistem pembangkit listrik. Berkat penemuannya mengenai generatot listrik arus bolak-balik yang juga biasa kita pelajari pada pelajaran Fisika SMA dengan pokok bahasan induksi Elektromagnetik, Tesla mendapatkan kehormatan dengan membuat namanya "Tesla" sebagai satuan standar internasional untuk induksi magnetik (medan magnet) atau serign di singkat T.

10 Penemuan Nikola Tesla Paling Berpengaruh di Dunia

2. Lampu 

Tentu saja nikola tesla tidak menciptakan cahaya sendiri, tetapi ia menemukan bagaimana cahaya dapat di manfaatkan dan di distribusikan. Tesla telah mengembangkan dan menggunakan lampu neon di laboratorium sekitar 40 tahun sebelum industri lampu hadir. Pada pameran dunia, tesla megenalka tabung kaca yang pada padasarnya sebagi lampu-lampu neon pertamanya. Namun koil tesla mungkin yang paling mengesankan dan kontroversial pada pameran tersebut.

3. Tesla Koil

Koil tesla tentu sesuatu yang industri besar akan menyukainya dengan konsep bahwa bumi sendiri adalah magnet yang dapat menghasilkan listrik dengan memanfaatkan frekuensi seperti radio. . Teslam coil adalah salah satu penemuan yang paling terkenal dari nikola tesla. Prisnip kerjanya sebagai osiltair harmonik daya tinggi yang di tujukan untuk transmisi nirkabel energi listrik. Dalam ortobiografinya tesla menyatakan "Saya merasa yakin bahwa dari semua penemuan saya, pemancara transmitter akan menjadi paling penting dan berharga  untuk generasi mendatanag"

4. Radio

Mengenai nama Guglielmo Marconi ? sebelumnya dia adaalah seorang yang di patentkan sebagai penemu radio, namun mahkamah agung membatalkan Marconi pada tahun 1943 sebagai pemegang hak paten, ketika tebrukti bahwa tesla  menemukan radio sebleum marconi. Jadi jika ada orang yang bertanya siapa penemu radio yang sebenenrya, maka penemu radio yang sebenernya adalah Nikola Tesla.
Sinyal radio yang di transmisikan mealui frekuensi, perlu pemancar dan penerima yang telah tesla terangkan pada tahun 1893 pada saat persentasi sebelum The National Association Electric Light dengan nama "Telautomatics". Pada tahun 1897 Tesla mendapatkan dua paten untuk "Sistem Transmisi energi listrk" dan hak paten "pemancar listrik". AS 645.576 dan US 649621.

5. Remot Kontrol

Penemuan ini erat hubugannya dnegan penmuan radio, merupakan model pertama remot pengemdali model perahu yang di kenalkan pada tahun 1898. Memanfaatkan beberapa baterai besar, sinyal radio di kendalikan sklar, yang kemudian energi baling-baling kapal, kemudi dan skala down lampu berjaln. Namun kemudian teknologi ini sebenrnya tidak banyak d gunakan untuk bebrapa waktu. Namun pada saat ini serign di gunakan, khususnya untuk dunia militer. Mislanya pada radio thanks yang di perkenalkan oleh Jerman pada saat perang dunia ke-2.

6. X-Rays

Gelombang elektrmagnetik dan ionisasi radioasi telah banyak di teliti di khir tahun 1800 an , dan nika tesla telah meneliti seluruhnya. Dalam hal ini Tesal sangat memainkan peran penting bagi perkembangan sinar X yang modern saat ini, sangat berharga di dunia medis untuk mendiagnosa bagian tubuh manusia secara lebih jelas. Tesla memiliki kontribusi dalam sinar-X besarasa dari segaal sesuatu yang kita perlukan di peroleh dengan memahami alam semesta yang smeuanya ada di sekitar kita sepanjang waktu.

7. Motor Listrik

Penemuan Nikola Tesla untuk motor listrik akhirnya telah di populerkan oleh salah satu merk modil terkenal yang menggunakan namanya yaitu Tesla Motor yang di miliki Elon Musk. Meskipun teknis mesinnya tidak begitu berhubungan dengan prinsip kerja motor tesla. Penemua motor listrik tesla pada tahun 1930 tidak selesai dan menyerah saat krisi ekonomi dan perang dunia. Namun demikian, penemua ini pada dasarnya telah mengubah pandangan apa yang sekarang kita gunakna sekarang ini. terinspirasi pada motor listrik milau dari perangkat industri, peralatan rumah tangga hinga pompa air, kompresor dan lainnya.

8. Robotik

Nikola tesla memiliki pemikiran tingkat tinggi dalm science dan membawa gagasan bahwa semua mahkluk hidup di doorng oleh impuls eksternal. Karena pemikiran tingkat tinggi nikola tesla tersebut lahirnya konsep robot. Namun unsur manusia tetap hadir, seperti yang tesla tegaskan bajwa replika manusia harus memiliki keterbatasan yaitu pertumbuhan dan propagasi. Namun demikian Nikola Tesla tenpa malu-malu mengagumi penemuannya itu. Visinya untuk masa depan yang penuh dengan mobil cerdas, sahabat manusia robot dengan menggunakan sensor dan sistem otonom.

9. Laser

Penemuan Nikola Tesala tentang laser mungkin salah satu contoh terbaik daru yang baik dan yang negatif terkait bersama-sama dalam pikiran manusia. Laser telah mengubah aplikasi bedah dengan cara yang tak dapat di sangkal mengntungkan bagi manusia dan karenanya juga telah melahirkan banyak medis digital saat ini, namun dengan penemuan ini mampu mempengaruhi ranah fiksi ilmiah, seperti pada film star wars dengan pedang lasernya atau di sebut lightsaber hingga bentuk senapan laser yang mematikan.

10 Wireless

Energi tidak dapat di ukur dan di kendalikan, konsep itu yang mempengaruhi Tesla untuk menelitii komunikasi tanpa kabel menggunakan energi yang tersedia bebas di alam. J.P Morgan di dukung nikola tesla dengan baisa $150.000 membangun sebuah menara yang akan menggunakan frekuensi alami dari alam untuk mengirimkan data, termasuk berbagai informasi yang di sampaikan melalui gambar,  pesan suaar dan lainnya. Wardenclyffe Tower, tower transmisi wireless di shoreham lang island New York. hal ini yang mewakili komunikasi nirkabel pertama di dunia.


Demikianlah 10 penemuan Nikola Tesla yang sangat berpengaruh di dunia hingga saat ini.
"Biarkanlah masa depan mengatakan yang sebenernya, dan mengevaluasi masing-masing sesuai dnegan pekerjaan dan prestasi. Ini adalah miliki mereka, di masa depan yang telah benar-benar bekerja di dalamnya adalah milikku" Nikola Tesla.

0 Response to "10 Penemuan Nikola Tesla Paling Berpengaruh di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel