-->

Slide Kuliah Agama Islam tentang Kerukunan dalam Beragama

Materi kuliah atau slide yang akan saya bagikan kali ini adalah slide materi tentang Kerukunanan dalam Beragama. Yang membutuhkan slide untuk bahan persentasi, silahkan download filenya di bawah. Ikuti terus update slide materi-materi kuliah lainnya.
Materi slide sebelumnya : Materi Kuliah Tentang IPTEK Dalam Pandangan Islam

Slide Kuliah Agama Islam tentang Kerukunan dalam Beragama

Materi Agama Islam tentang Kerukunan dalam Beragama

Hak Beragama
  1. bahwa hak beragama adalah hak asasi manusia yg tdk dpt dikurangi dlm keadaan apapun;
  2. bahwa negara menjamin  kemerdekaan  tiap-tiap penduduk utk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu;
  3. bahwa Pemerintah berkewajiban melindungi setiap usaha penduduk melaksanakan ajaran agama & ibadat pemeluk-pemeluknya.
Konsep Teologis
  1. Setiap AGAMA memiliki dimensi teologis yang tidak bisa ditawar atau suatu keyakinan yang harus dipegangi sebagai pattern for behaviour.
  2. Al-Qur’an, Surat Ali Imron: 19;… Inna al-dina ‘indallahi al-Islam… yang artinya “sesungguhnya agama yang ada di sisi Allah hanyalah Islam”.
  3. Al’Qur’an, surat Ali Imron: 85;… wa man yabtaghi ghairal Islami dina falay yuqbala minhu wa huwa  fil al-akhirati min al-khasirin.., yang artinya “barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka tidak akan diterima Allah dan di akherat termasuk orang yang rugi.
Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Insaniyah
  1. Ukhuwah berarti: Persaudaraan, yaitu perasaan simpati dan empati antara dua orang atau lebih. Atau kondisi yang menggambarkan adanya perasaan yang sama yang dapat menimbulkan sikap timbal balik untuk saling membantu.
  2. Ukhuwah Islamiyah berarti persaudaraan sesama umat Islam (saling menghormati dan menghargai relativitas masing-masing individu, sekaligus selalu mengembangkan tolong menolong dalam ikatan agama Islam)
  3. Ukhuwah insaniyah berarti persaudaraan sesama umat manusia secara universal tanpa membedakan agama, suku, dan aspek kekhususan lainnya (dilandasi dengan kesadaran bahwa semua manusia adalah makhluk Allah
Konsep Islam Tentang Perbedaan
  1. Islam sangat menghargai perbedaan internal beragama (maqolah: ikhtilafu ummati rohmah, yang artinya”perbedaan di antara umatku adalah rahmah).
  2. Islam sangat menghargai perbedaan antar umat beragama (Q.S. al-Kafirun: 6;…lakum dinukum waliyadin, yang artinya “bagimu agamamu bagiku agamaku” atau ayat lain, Q.S. al-Baqarah: 256;…La ikraha fiddin, yang artinya: tidak ada paksaan dalam beragama).

Description

  • Judul Post : Slide Kuliah Agama Islam tentang Kerukunan dalam Beragama
  • Mata Kuliah : Aqidah dan Akhlaq
  • Materi Tentang : Kerukunan dalam Beragama
  • Semester : 1
  • Jumlah Sks : 2 sks 
  • Dosen : 
  • DRS. H.M. FAHMI MUQODDAS, M.HUM
  • Sumber File : Dosen Ibadah dan Akhlaq
  • Jenis file : PPT persentation

Slide Materi


Download File (Fomat ppt)

Slide Kuliah Agama Islam tentang Kerukunan dalam Beragama
Downlaod File

0 Response to "Slide Kuliah Agama Islam tentang Kerukunan dalam Beragama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel